Warga Apresiasi Pemdes Tamanjaya Bangun JUT, Tokoh Masyarakat : Terima Kasih Pak Jaro Eeng

Caption : Warga Godang Tengah Gotong Royong mengerjakan pembangunan JUT 

JUARAMEDIA,LEBAK – Jalan Usaha Tani (JUT) di bangun, Pemdes Tamanjaya, Kecamatan Cikulur Diapresiasi Warganya. Pasalnya, dengan di bangunnya sarana infrastruktur pertanian berupa JUT tersebut, para petani di Desa Tamanjaya, akan mendapat banyak kemudahan. Diantaranya, akses angkut hasil panen yang ringan dan cepat, dan cost distribusi berkurang.

” Alhamdulillah, dengan dibangunnya JUT, cara mengangkut hasil panen tidak lagi harus di panggul, karena kendaraan roda dua sudah bisa masu ke areal pertanian warga, terimakasih pak Jaro Eeng yang peduli terhadap kami sebagai masyarakat petani” Ujar Maman Sumanta Tokoh Masyarakat Godang Tengah, Desa Tamanjaya, Kecamatan Cikulur, Senin (26/6/2023).

Caption : Kades Tamanjaya Eeng Sutisna 

Sementara itu, Kades Tamanjaya Eeng Sutisna mengatakan, Tahun Anggaran 2023 ini, anggaran DD untuk pembangunan infrastruktur di Desanya, salah satunya dialokasikan kepada pembangunan JUT

” Untuk JUT ini anggaranya Rp 220 juta, di bagi dua titik yaitu di Kampung Godang Tengah RT/RW 13/04, panjang 208 meter x 1,2 merer dan di Kampung Pandanjaya Cikarak dengan panjang 350 x 1,2 meter.” Ujar Eeng pada Juaramedia, Senin (26/6/2023)

Alasan, pembangunan JUT menjadi salah satu skala prioritas program pembangunan di Desanya tersebut, sambung Eeng, karena
pembangunan JUT ini tujuannya tidak lain untuk mempermudah para petani mengangkut hasil panen,yang dulunya hasil pertanian di angkut dengan di panggul sekarang tidak lagi.

Caption : Warga Tamanjaya  ketika gotong royong membangun JUT 

” Karena dengan adanya JUT ini, masyarakat petani dapat mudah mengangkut hasil pertaniannya menggunakan roda dua (motor-red).” Kata Eeng.

Alasan lain faktor utama pembangunan infrastruktur pertanian berupa JUT menjadi salah satu skala prioritas pelaksanaan program pembangunan di Desanya, kata Eeng, karena mayoritas penduduk berprofesi sebagai petani.

” Sebab dengan dibangunnya JUT hal itu bisa menjangkau ke areal Pesawahan. Dengan demikian itu artinya para petani bisa membawa hasil panennya dengan menggunakan kendaraan roda dua, keutungnya yaitu akan waktu angkut menjadi cepat dan costnya murah ” Katanya.

Selain JUT kata Eeng anggaran DD Pemdesnya ini juga dialokasikan untuk pembangunan jalan poros desa, yang menghubungkan Desa Tamanjaya.

Caption : Prades Tamanjaya ketika mengontrol hasil pekerjaan JUT

” Panjang 500 meter, lebar 2,5 meter, nilainya Rp 300 juta ” Kata Eeng.

Karena itu, kata Eeng pihaknya meminta kepada masyarakat Desa Tamanjaya untuk menjaga, merawat dan memelihara hasil pembangunan tersebut, agar tetap awet dan bertahan lama.

” Sebab hal ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian dan rasa memiliki masyarakat terhadap berbagai hasil pembangunan yang ada di desanya” pungkasnya. (advetorial)