Pemdes Sukajaya Klaim Kekurangan Lahan Pekuburan, Minta Balai Untuk Menambah 

Caption : Kades Sukajaya Asep Sarbini ketika menunjukkan lahan pekuburan 

JUARAMEDIA,LEBAK –  Pemdes Sukajaya, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak mengaku kekurangan lahan pekuburan untuk warganya. Pasalnya, saat ini Pemdes setempat, hanya memiliki lahan 5500 meter persegi,sedang kebutuhan di perkirakan 15000 meter.

” Saat ini kita baru punya 1 hektar, tapi dibagi dengan Desa Sukarame seluas 4500 meter dan Kp Bondol Sukajaya 2000 meter. Berarti Desa Sukajaya hanya memiliki lahan 3500 meter” ujar Asep Sarbini Kades Sukajaya ketika di wawancara ini, Senin (3/6/2024).

” Untuk lahan pekuburan Kp Cikuris saja butuh 5112 meter. Sebenarnya, kita masih kekurangan lahan sekitar 1 hektar, tapi pihak Balai Besar  hanya memberikan 4000 meter. Berarti kita masih kekurangan sekitar 6000 meter” Kata Asep.

Karena itu, kata Asep untuk mengatasi kekurangan lahan tersebut,  pihaknya bersama kelompok pemakaman melakukan musyawarah patungan dana untuk pengadaan lahan pemakaman tersebut .

” Tapi hingga sekarang dananya belum mencukupi, bahkan untuk membeli 1000 meter saja kita belum ada, apalagi harga per meternya mencapai Rp 200.000/meter” katanya.

Upaya yang dilakukannya dalam pengadaan lahan pekuburan di desanya itu, sambung Asep merupakan hasil musyawarah pihaknya bersama beberapa elemen masyarakat setempat.

” Berita acaranya juga ditandatangani Kades, Babimas, Babinsa dan para ketua kelompok” tandas Asep. (budi)