Asda II Pemkab Lebak : SDGs Harus Diintegrasikan di Setiap Rencana Pembangunan Daerah 

Caption : Konsultasi Publik KLHS 

JUARAMEDIA, LEBAK – Guna memastikan pembangunan dalam rangka menjawab tantangan masa kini, dan  tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang. Asda II Pemkab Lebak Azis Suhendi minta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) harus diintegrasikan dalam setiap rencana pembangunan daerah.

” SDGs adalah komitmen global yang harus kita integrasikan dalam rencana pembangunan daerah untuk memastikan pembangunan mampu menjawab tantangan masa kini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang,” ujar Azis di Rangkasbitung, Rabu (10 /7/2024).

Terkait dengan hal ini, kata Azis Pemkab Lebak telah melaksanakan Konsultasi Publik Kedua dalam rangka penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebak 2025-2029.

” Pelaksanaannya, Selasa (9/7/2024) kemarin Aula Terbatas Setda Lebak ” kata Azis

Diketahui, kata Azis kegiatan tersebut  dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Organisasi Perangkat Daerah, Tim Pokja Penyusun KLHS RPJMD, Perguruan Tinggi, Organisasi Kemasyarakatan, Asosiasi Profesi dan Usaha, serta Tim Penyusun KLHS RPJMD dan Tenaga Ahli dari Pusat Studi Sosial Asia Tenggara Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

” Kegiatan ini menghasilkan alternatif dan rekomendasi konstruktif untuk pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Lebak,” kata Azis.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak, Iwan Sutikno, SKM, MA, menjelaskan bahwa konsultasi publik ini bertujuan untuk, memaparkan hasil pengkajian pembangunan berkelanjutan, Menyampaikan rumusan skenario pembangunan berkelanjutan dan alternatif proyeksi kondisi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

” Juga mendiskusikan rumusan skenario TPB dan alternatif proyeksi kondisi pencapaian TPB. Juga dalam rangka menyepakati rumusan skenario TPB dan alternatif proyeksi kondisi pencapaian TPB.” pungkas Iwan. (budi /jm)