Hadir di Acara Seren Taun Kasepuhan Cisitu, Pj Bupati Lebak Pesan ini 

Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan, ketika menghadiri undangan Acara Adat  Seren Taun Kasepuhan Cisitu 

JUARAMEDIA, LEBAK – Hadiri upacara adat Seren Taun Kasepuhan Cisitu 2024, Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan, minta masyarakat adat agar terus selalu bersinergi dalam pembangunan di Kabupaten Lebak.

” Saya mengapresiasi kasepuhan Cisitu dalam menjaga dan melestarikan tradisi taunan ini. Semoga terus terjalin sinergitas yang baik dengan pemerintah daerah” kata Pj  Bupati Iwan dalam sambutanya di acara tersebut, Jumat (26/7/2024).

Upacara adat taunan ini, kata Iwan merupakan bukti nyata upaya masyarakat dalam mempertahankan identitas dan jati diri sebagai bangsa yang kaya akan budaya ditengah perkembangan zaman saat ini.

” Dan kita berharap kegiatan ini selain menjadi ajang silaturahmi, juga menjadi momentum untuk akselerasi tumbuhnya industri pariwisata, dalam menyongsong masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan bermartabat secara budaya.” kata Iwan

Sementara itu, Abah Yoyo Yohenda Pemangku Adat Kesatuan Sesepuh Adat Cisitu Banten Kidul , mengatakan, bahwa  perjuangan lembaga adat terus komitmen dalam menyejahterakan masyarakat yang selalu patuh terhadap aturan hukum yang benar.

” Kami juga konsisten dalam menjaga hutan agar selalu lestari dan rakyat sejahtera. Sebagai masyarakat Lebak senantiasa semoga kita diberikan kesejahteraan” katanya.

Diketahui, upacara Adat Seren Taun ini, merupakan upacara yang diselenggarakan setiap tahun setelah panen padi, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur masyarakat adat atas pencapaian hasil bumi yang diperoleh, serta permohonan berkah dan perlindungan Tuhan YME untuk musim berikutnya.

Tema Seren Taun Cisitu 2024 kali ini adalah, “Kahareup Ngala Sajeujeuh, KaTukang Ngala Salengkah”, yang rangkaian acaranya diselenggarakan secara semarak oleh seluruh masyarakat adat kurang lebih 1 pekan 22-29 Juli 2024.

Hadir bersama pada kegiatan ini, selain Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan , juga hadir Kepala Kejaksaan Negeri Lebak Mayasari,  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lebak. (budi /jm)