Setiap Hujan Deras Langganan Banjir, Warga Rangkasbitung Minta Pemda Lebak Segera Carikan Solusinya. 

Caption : Rumah Wakil ketua DPC PPP Jadi Langganan Banjir. Akibat Drainase Tak Mampu Menampung Debit Air

JUARAMEDIA, LEBAK – Diguyur hujan deras  sekitar 3 jam dari sekitar pukul 15,00 – 18,00 Wib , sejumlah titik pemukiman warga di  Kota Rangkasbitung dan sekitarnya Kebanjiran.Informasi diperoleh, beberapa titik yakni sekitar kantor Bupati Lebak, Alun-alun Rangkasbitung, area Mal Rabinza hingga akses menuju Polsek Rangkasbitung dan Kodim 0603 Lebak, Komplek Pendidikan serta pemukiman warga lingkungan Rt 01 / 02 Kp Lebak Picung, Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung.

Menurut H Dadang Harsono warga Kp Lebak Picung, banjir yang melanda pemukiman warga setempat ini, disebabkan karena drainase yang tidak mampu menampung debit air yang tinggi.

” Hujan kemarin warga disini juga kebanjiran. Tapi hujan kali ini banjirnya cukup besar di banding kemarin,  ketinggiannya mencapai sekitar 30 cm ” Kata Wakil ketua DPC PPP Lebak ini.

Penyebab lainnya, kata Dadang, karena saluran pembuangan air ke Ciujung cuma satu titik.

” menurut saya kalau dibuatkan (sodet) baru satu titik lagi untuk pembuangan air ke Ciujung, saya yakin tidak akan terjadi banjir, tak lupa pula drainase drainase nya juga di perbaiki” katanya.

Karena itu, kata Dadang pihaknya meminta kepada pemerintah daerah, untuk segera mencarikan solusi solusi yang terbaik, agar kedepannya setiap hujan deras, kota Rangkasbitung tidak menjadi langganan banjir.

Sementara itu, Efi aktivis Reformasi Jaringan Masyarakat (Rajam) menilai penyebab terjadinya banjir di sejumlah titik di Kota Rangkasbitung dan sekitarnya, adalah karena sistem drainase yang buruk.

” Karena itu, kami minta Pemda Lebak, segera memperbaiki saluran – saluran irigasi dan menertibkan bangunan – bangunan yang menyebabkan penyempitan saluran drainase itu .” tandasnya.

Efi juga menyebutkan, jika hujan turun deras berjam-jam sejumlah titik di Kota Rangkasbitung yang  menjadi langganan banjir tersebut yaitu, Jalan Pahlawan Depan Rabinza, Kampung Sawah Haji Wasid, Kp Dukuh sampai dengan Rangkasbitung Barat. (budi /jm)