Kerap  Datangkan Artis Ibu Kota di Kegiatan Sosialisasi, Anggota DPRD Lebak Sebut KPU Pemborosan Anggaran 

Caption : Agus Ider Alamsyah, Anggota Komisi I DPRD Lebak 

JUARAMEDIA, LEBAK – KPU Lebak dinilai melakukan pemborosan anggaran Pilkada, Pasalnya, hampir dalam setiap event sosialisasi yang sifatnya gebyar selalu  mendatangkan artis ibu kota.

” Mendatangkan artis Ibu Kota kan biayanya mahal. Dan saya pikir efektifitasnya sosialisasi tidak akan se – efektif dor to dor” ujar Anggota Komisi I DPRD Lebak, Agus Ider Alamsyah ketika dihubungi, Sabtu (24/8/2024)

Bahkan, Agus juga tak hanya menyoroti soal artis ibu kota yang kerap didatangkan, untuk meramaikan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan KPU Lebak tersebut.

” Saya juga heran EO yang melaksanakan event – event kegiatan sosialisasi itu.  EO – nya itu – itu saja?, memangnya EO yang lain tidak mampu gitu, ada apa ini dengan KPU? ” Tandas Caleg Lebak terpilih, Priode 2024-2029 ini.

” Saya juga menyesalkan, pihak KPU yang terkesan tertutup soal anggaran kegiatan yang di laksanakanya. Itu kan uang APBD, publik berhak tahu, dan telah diatur didalam UU No 14 /2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sesuai pasal 1 ayat 2″ ujar anggota DPRD Lebak dari Fraksi PDIP ini.

Diketahui, Untuk kegiatan Pilkada serentak ini, KPU Lebak telah menyelenggarakan tiga kali event yang sifatnya gebyar, dua diantaranya dengan mendatangkan artis Ibu Kota, yaitu :

Jumat(13/6/2024) lalu, menggelar Louching Peluncuran Maskot dan Jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebak 2024, di Alun – Alun Rangkasbitung dengan menampilkan artis Ibu Kota Judika.

Untuk kegiatan ini , Bmberdasarkan informasi yang didapat kegiatan peluncuran Makot dan Jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebak, 2024 menelan dana sekitar Rp 500 juta lebih.

Disinggung soal anggaran peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada Lebak tersebut, yang nilainya mencapai  Rp 500 juta itu,pihak KPU tidak membantah dan tak mengiyakan juga. Namun,  pihak KPU menyebut bahwa anggaran untuk bayaran artis Ibu Kota sekelas Judika mencapai Rp 300 juta.

” Untuk bayaran Judika nya Rp 300 juta, di luar biaya panggung dan lain – lain. Nilai segitu hanya untuk Judika” ujar Toni sekertaris KPU Kabupaten Lebak di ruang kerjanya, Jumat (14/6/2024) saat itu .

Sabtu (24/8 /2024) , bertempat di Lapangan Merdeka Desa Gunung Batu, Kecamatan Cilograng,

KPU Lebak  melaksanakan “Saresehan Kemerdekaan Sosialisasi Pilkada Serentak” dan dimeriahkan Artis Ibu Kota The Virgin. Kegiatan ini, sedianya akan dilaksanakan di Alun-alun Kecamatan Malingping, karena ada penolakan sejumlah warga setempat, kegiatan tersebut batal dilaksanakan.

Untuk kegiatan” Saresehan Kemerdekaan Sosialisasi Pilkada Serentak ” ketika ditanya soal anggaranya, KPU bungkam?.

” Kalau soal anggaran bukan kewenangan saya ” Kilah Kasubag Rendatin KPU Lebak, Rendi Iswanto. (budi /jm)