Tunjuk Ketua IKA Sepihak, Rektorat USBR Dituding Tak Demokratis

Caption : USBR

JUARAMEDIA, LEBAK – Tunjuk Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Setia Budhi, Rangkasbitung (USBR)  Sepihak, Rektorat Kampus Universitas tersebut Diprotes.

Pasalnya, sikap rektorat yang menunjuk ketua IKA  tanpa musyawarah dengan pengurus IKA yang ada saat ini, merupakan sikap otoriter dan tak menjunjung tinggi sikap demokrasi.

” Yang jelas kami kecewa, kenapa dan ada apa pemilihan ketua IKA ditunjuk?, sebab IKA ini adalah organisasi luar kampus yang seharusnya hak alumni untuk menentukan sendiri ketuanya melalui musyawarah alumni,” ujar Cecep Sogot Ketua IKA Universitas Setia Budhi, Rangkasbitung (USBR) kepada awak media di Rangkasbitung, Sabtu (10/8/2024).

Karena itu, kata Cecep pihaknya bersama pengurus IKA USBR lainya tidak akan tinggal diam.

” Kita akan minta audensi dengan rektorat, sekaligus meminta peninjauan ulang penetapan IKA secara sepihak itu” tanda Cecep.

Cecep juga menjelaskan , dalam rapat yang dilaksanakan pada 6 Agustus 2024 itu dihadiri oleh para pimpinan kampus, Wakil Rektor 1 dan 2, Kepala LP3M dan LPPM, Dekan FKIP, FISIP dan FTP, Wakil Dekan, Kepala Biro, Kepala UPT Humas dan Kerjasama, Ketua IKA STKIP dan Ketua IKA FISIP.

” Dan saat rapat berlangsung pimpinan langsung menunjuk sepihak ketua IKA dan mengabaikan interupsi alumni”, katanya.

Padahal, kata Cecep yang berhak memilih ketua alumni adalah alumni itu sendiri, karena alumni itu organisasi independen bukan bagian dari hirearki kampus.

” Yang kami tahu di kampus manapun yang namanya pemilihan ketua IKA diserahkan pada alumi itu sendiri,”  pungkasnya. (yrs /jm)