Bantu Warganya Kesulitan Air Bersih, Pemdes Bojong Menteng Bangun SAB, Begini Kata Tokmas 

Caption : Kades Bojong Menteng, Ajat Sudrajat 

JUARAMEDIA, LEBAK – Guna memaksimalkan percepatan pembangunan, Pemdes Bojong Menteng, Kecamatan Lewidamar, Kabupaten Lebak, Banten melaksanakan berbagai pembangunan infrastruktur di desa tersebut.

Diantaranya yaitu, pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) yang meliput Bak Penampungan, dan Pipanisasi.

” Alhamdulillah, pelaksanaannya sudah selesai 100 persen, dan Anggarannya dari APBDes tahun 2024″ ujar Ajat Sudrajat Kades  Bojong Menteng di Kantornya, Selasa  (17/9/2024).

Menurut Ajat, pembangunan SAB dan yang lainnya itu, bertujuan untuk  memenuhi kebutuhan pokok  masyarakat akan hal air bersih.

” Mudah mudahan, dengan adanya fasilitas SAB dan yang lainnya ini, masyarakat disini tidak lagi kesulitan air bersih, apalagi sekarang ini sedang musim kemarau ” kata Ajat

Ajat juga menjelaskan, pembanguan SAB yang dilaksanakannya itu, terdapat di lima titik, yaitu kampung Cimules, Cibengkung Pasar, Cibengkung Babakan, Cibengkung Lebak dan Pagilan.

Kelima titik penampungan SAB tersebut,sambung Ajat tiap titik bak air berjumlah 350 KK,jika di jumlahkan pada lima titik sebanyak 1127 jiwa pengguna.

” Untuk SAB, termasuk Bak Penampungan dan Pipanisaisnya, total anggaran Rp 330. 000.000  termasuk PPN dan PPh dari Kemendes melalui Dana Desa APBDes tahun 2024 ini. Kami membangun SAB ini, sebagai penunjang peningkatan pembangunan di Desa.” katanya.

“ Selain itu ,karena warga juga sangat jauh untuk mengambil air yang bersih,” imbuh Kades Ajat.

Meski demikian kata Ajat, untuk pembangunan SAB ini, pihaknya masih memiliki pekerjaan rumah, karena 18 titik yang direncanakan, tahun 2024 ini, baru terealisasi 5 titik.

” Insya Allah secara bertahap, bagi kampung yang belum, semuanya akan selesai ” kata Ajat.

” Untuk yang belum masuk ke RPJMDes,usulan dari para RT di sini beda beda keinginannya ada yang ke jalan paving block ada juga SAB dan akan di usulkan dalam RPJMDes berikutnya ,” tambah Ajat.

Untuk itu, kata Ajat pihaknya meminta kepada masyarakat, setiap hasil pembangunan untuk merawatnya, agar bisa bertahan lama.

“  Sekali lagi, harapan saya pada masyarakat karena ini anggaran pemerintah untuk masyarakat silahkan di jaga, untuk keberlanjutannya dan jangan sampai terabaikan,karena uang ini uang negara untuk  dirasakan masyarakat,karena manfaatnya sangat besar bagi kebutuhan warga.” katanya.

Tekadnya sebagai Kades, kata Ajat, pihaknya ingin desanya ini bisa maju dan sejajar dengan desa lain yang dianggap sudah maju.

” Saya akan terus membangun untuk perubahan Desa Bojong Menteng tercinta ini. Sehingga,desa kita sejajar dengan desa-desa lain yang lebih maju juga masyarakat sejahtera,” pungkas Ajat.

Sementara, H Sam’un Tokoh masyarakat (Tokmas) Cibengkun Pasar, Desa Bojong Menteng, mengatakan,pihaknya merasa bersyukur dan sangat mengapresiasi kinerja Kades yang telah peduli terhadap kebutuhan masyarakatnya

”  Terima kasih, pak Kades atas telah direalisasikanya pembangunan SAB tersebut” pungkas Ajat

Senada dikatakan Rt Sai Kampung Cimules, Desa setempat. Menurutnya, dengan dibangunya SAB tersebut, banyak membantu warga dalam mengatasi kesulitan air bersih. (adv)